Yuk Intip Seputar Mata Kuliah Jurusan Kedokteran Hewan

14-11-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Suka dengan binatang? Jurusan Kedokteran merupakan salah satu jurusan yang cocok buat kamu.

Tidak hanya merawat hewan peliharaan seperti kucing maupun anjing, saat menjadi dokter hewan, kamu juga merawat hewan ternak bahkan hewan liar.

Tak perlu khawatir, lulusan Kedokteran Hewan juga memiliki prospek kerja yang sangat luas, loh. Sama seperti halnya lulusan Pendidikan Kedokteran maupun Kedokteran Gigi.

Nah, jika kamu tertarik mengambil jurusan yang satu ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui khususnya mata pelajarannya. Penasaran dengan mata pelajaran Kedokteran Hewan? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

Mata Kuliah Kedokteran Hewan

1. Kimia, Fisika, dan Biologi Veteriner

Sama seperti prodi kedokteran umum dan FMIPA, kedokteran hewan juga mempelajari mata kuliah umum di semester pertama. Bedanya untuk kedokteran hewan, mata kuliah kimia, fisika, dan biologi yang dipelajari lebih khusus ke veteriner.

Veteran merupakan hal-hal yang berkaitan dengan hewan atau penyakit hewan. Jadi, materi pelajaran kimia, fisika, dan biologi yang dipelajari adalah materi yang punya kaitannya dengan permasalahan hewan.

2. Anatomi dan Fisiologi Veteriner

Jika kamu lulusan dari jurusan IPA atau menyukai pelajaran biologi, pasti gak asing dengan istilah anatomi.

Anatomi adalah bidang studi yang belajar tentang struktur organ hidup. Anatomi mempunyai tiga jenis, yaitu anatomi manusia, anatomi hewan, dan anatomi tumbuhan.

Sedangkan, fisiologi merupakan bidang studi yang mempelajari dan memahami cara kerja organisme dan menjaga agar tetap hidup. Proses perkembangan, metabolisme, reproduksi, dan iritabilitas merupakan bagian dari fisiologi.

Perbedaan kedokteran hewan dan kedokteran umum ialah jenis anatomi dan fisiologi yang dipelajari. Kedokteran umum belajar tentang anatomi dan fisiologi manusia, sedangkan kedokteran hewan belajar tentang anatomi dan fisiologi hewan.

3. Tingkah Laku Hewan

Jika kamu tertarik dengan prodi kedokteran hewan, kemungkinan besar kamu menyukai satu atau beberapa jenis hewan, benar? Misalnya kamu menyukai kucing dan memeliharanya, kamu pasti sering memperhatikan tingkah lakunya. Bahkan ketika sudah sangat hafal dengan tingkahnya, kamu bisa tahu ada yang tidak beres saat tingkah lakunya berbeda.

Tingkah laku hewan juga termasuk ke dalam mata kuliah kedokteran hewan. Mata kuliah ini mempelajari tentang pengertian tingkah laku hewan, berbagai faktor yang melatarbelakangi terjadinya tingkah hewan tersebut, dan berbagai stimulus. Mulai dari peranan dan macam-macam stimulus, sampai metode belajar tingkah laku hewan.

4. Zoonosis

Jika dilihat dari namanya sudah pasti mengenai hewan, ya. Zoonosis adalah sebutan untuk infeksi atau penyakit yang ditularkan secara alamiah di antara hewan bertulang belakang (vertebrata) dan manusia. Zoonosis mempunyai beberapa klasifikasi, seperti berdasarkan hewan penularnya dan agens penyebabnya.

Berdasarkan hewan penularnya, zoonosis dapat ditularkan dari hewan yang dipelihara oleh manusia, hewan liar, dan hewan yang disekitar rumah tapi tidak dipelihara (tikus dan kucing liar). Berdasarkan agens penyebabnya, zoonosis disebabkan oleh parasit, virus, bakteri, dan jamur.

5. Ilmu Bedah Hewan Kecil dan Ilmu Bedah Hewan Besar

Jika kamu masuk ke jurusan kedokteran hewan, kamu akan mempelajari cara membedah hewan yang berukuran kecil dan berukuran besar. Ini adalah dua mata kuliah yang terpisah. Ilmu bedah hewan kecil belajar tentang arti, kausa, patogenesis, predisposisi, diagnosa, diferensial diagnosa, dan praktik teknik operasi penyakit bedah organ pada hewan kecil.

Mata kuliah ilmu bedah hewan besar hampir sama dengan ilmu bedah hewan kecil. Materi yang membedakan yaitu adanya tata cara pemeriksaan klinis, dan praktik teknik operasi dilakukan berdasarkan region pada hewan besar.

6. Kesejahteraan Hewan

Apakah kamu pernah bilang ‘Gak berperikehewanan’ saat melihat teman atau orang asing yang menjahili atau menyiksa hewan? Ternyata memang ada loh, studi yang mempelajari mengenai kesejahteraan hewan. Tidak hanya manusia yang butuh kesejahteraan, tetapi juga hewan. Ya, seperti mata kuliah kedokteran hewan satu ini.

Mata kuliah kesejahteraan hewan belajar mengenai hal yang berhubungan dengan keadaan fisik dan mental hewan dari perilaku alami hewan. Kesejahteraan hewan melindungi hewan dari perilaku tidak layak untuk dimanfaatkan oleh manusia. Kesejahteraan hewan mempunyai 5 Prinsip Kesrawan seperti berikut ini:

- Bebas dari rasa haus, lapar, dan malnutrisi

- Bebas dari rasa sakit, penyakit, dan cedera

- Bebas dari rasa tidak nyaman fisik dan suhu udara

- Bebas dari tekanan dan rasa takut

- Bebas untuk memperlihatkan tingkah laku alaminya

Nah sobat Bangun Pendidikan, itulah seputar mata kuliah yang akan kamu temui bila mengambil jurusan Kedokteran Hewan. Bagaimana, apakah kamu tertarik mengambil jurusan ini?