Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan Agroteknologi dan Mata Kuliahnya

01-12-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Hai sobat Bangun Pendidikan, pembahasan kita kali ini spesial untuk para calon mahasiswa baru yang masih kebingungan memilih jurusan kuliah. Kami akan merekomendasikan salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang luas. Jurusan tersebut adalah Agroteknologi.

Program studi Agroteknologi akan mempelajari penerapan teknologi dalam budidaya tanaman sesuai dengan prinsip pertanian yang jangka panjang. Para mahasiswa Agroteknologi akan belajar bagaimana merencanakan dan merancang sistem produksi tanaman secara efektif dan produktif.

Cakupan bidang ini tidak terbatas pada penggunaan traktor, sistem pengairan dan pengolahan hasil pertanian saja, akan tetapi pada seluruh proses dan berbagai aspek dalam budidaya tanaman dan pengolahan hasilnya.

Ingin tahu lebih dalam mengenai jurusan Agroteknologi? Yuk, ikuti ulasan kami di bawah ini!

Apa Itu Jurusan Agroteknologi?

Jurusan Agroteknologi adalah jurusan yang mempelajari tata cara penerapan teknologi untuk membudidayakan tanaman secara efektif dan efisien meskipun di lahan yang kurang subur.

Pada jurusan ini, kamu akan memperlajari bagaimana cara mengelola suatu komoditas dari yang berbentuk bibit, hingga yang berbentuk hasil dan selanjutnya menjadi produk.

Tak hanya itu, kamu juga akan mempelajari mengenai tanaman dan tumbuhan, pangan atau hortikultura, serta bagaimana cara atau proses menanam dengan baik, proses memanen, proses mengolah, hingga proses produksi.

Agroteknologi juga mempelajari tentang penerapan teknologi dalam budidaya tanaman, mulai dari perencanaan hingga perancangan sebuah sistem produksi tanaman yang efektif dan produktif memanfaatkan ilmu dan teknologi seperti genetika, fisiologi, pemuliaan, perbenihan, produksi tanaman dan lain sebagainya.

Mata Kuliah Jurusan Agroteknologi

  • Pengantar Ilmu Pertanian

Mata kuliah yang pertama adalah Pengantar Ilmu Pertanian. Kamu akan bertemu mata kuliah ini pada semester awal.

  • Botani

Botani merupakan ilmu seputar dunia tanaman yang akan pelajari di jurusan Agroteknologi. Pada mata kuliah ini kamu akan mengenal lebih banyak jenis tanaman yang ada di lingkungan kita.

  • Ekonomi Pertanian

Mata kuliah selanjutnya adalah Ekonomi Pertanian. Dengan ilmu yang satu ini, kamu bisa belajar lebih jauh bagaimana pertanian berpengaruh pada kemajuan ekonomi negara ini.

  • Budidaya Tanaman Pangan

Pada jurusan Agroteknologi, Kamu akan mendapatkan mata kuliah budidaya tanaman Budidaya Tanaman Pangan. Di mata kuliah ini kamu akan belajar bagaimana proses budidaya tanaman pangan yang bisa dilakukan di Indonesia.

  • Hidroponik

Hidroponik merupakan salah satu teknik budidaya tanaman yang dinilai ramah lingkungan dan lebih efektif. Di jurusan ini Kamu akan belajar lebih jauh tentang teknik hidroponik.

  • Dasar-Dasar Perlindungan Tanaman

Mata kuliah yang pastinya akan kamu temui pada jurusan Agroteknologi adalah Dasar-Dasar Perlindungan Tanaman. Pada mata kuliah ini kamu akan belajar banyak dengan beragam jenis tanaman.

  • Mikrobiologi Pertanian

Tak hanya belajar tanaman dan ekonomi, kamu juga akan belajar tentang mikrobiologi pertanian di jurusan Agroteknologi. Mikrobiologi pertanian mempelajari tentang bakteri maupun mikroorganisme lainnya yang ada di dunia pertanian.

  • Bioteknologi Pertanian

Bioteknologi pertanian menjadi salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil di jurusan ini. Mata kuliah ini akan mengajarkan bagaimana bioteknologi yang berkembang di dunia pertanian.

  • Budidaya Tanaman Perkebunan

Selain mempelajari budidaya tanaman pangan, di jurusan Agroteknologi kamu juga harus belajar budidaya tanaman perkebunan. Seperti kita tahu bahwa Indonesia memiliki banyak jenis tanaman perkebunan yang bisa dibudidayakan.

  • Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Pada jurusan Agroteknologi, kamu harus belajar mengenai teknologi pengolahan hasil pertanian. Hasil pertanian perlu diolah supaya bisa memberi manfaat dan di mata kuliah ini Kamu akan belajar lebih jauh tentang hal itu.

Nah sobat Bangun Pendidikan, itulah seputar penjelasan mengenai jurusan Agroteknologi lengkap dengan mata kuliahnya. Semoga bermanfaat.