Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan Ilmu Gizi dan Mata Kuliahnya

30-11-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Hai sahabat Bangun Pendidikan, nggak hanya anak IPS, anak IPA juga pastinya merasa bingung ketika harus memilih jurusan kuliah. Tentunya kamu nggak boleh sampai salah pilih dalam memutuskan jurusan yang akan kamu jalani kurang lebih 4 tahun ke depan. Iya tidak?

Maka dari itu, kami akan merekomendasikan pada kamu salah satu jurusan kuliah yang memiliki prospek karier yang cerah. Jurusan tersebut adalah Ilmu Gizi.

Program studi ilmu gizi merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang pentingnya nutrisi pada kehidupan manusia, berhubungan antara diet dan gaya hidup, pemahaman tentang asupan/makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan pola makan yang sehat. 

Tak hanya itu, mahasiswa ilmu gizi juga akan mempelajari cara pemprosesan makanan, penyimpanan, serta metode pemasakan. Ilmu gizi ini juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang mempengaruhi adanya proses perubahan pada setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh, bisa mempertahankan tubuh untuk tetap sehat.

Dalam jurusan gizi ini kamu bisa menjadi tenaga ahli gizi di banyak sektor seperti merencanakan menu pasien, memperhitungkan kandungan gizi dari menu yang akan dibuat. Di perusahaan industri makanan dan minuman juga membutuhkan ahli gizi dan menganalisis kandungan gizi dari produk yang dihasilkan. Selain itu, kamu juga bisa membuka usaha, seperti usaha catering. 

Mungkin sebagian orang akan berpikir jika jurusan ilmu gizi ini hanya belajar tentang cara memasak. Namun, kenyataan nya tidak hanya tentang memasak, tetapi dalam ilmu gizi ini kita akan belajar mengecek makanan dan minuman dengan kesehatan dan penyakit tubuh pada pasien.

Lantas, apa saja sih mata kuliah yang akan dipelajari saat mengambil jurusan Ilmu Gizi? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Biokimia Gizi

Jika mengambil jurusan Ilmu Gizi, kamu akan mendapatkan mata kuliah biokimia gizi. Mata kuliah ini mempelajari tentang reaksi kimia di dalam tubuh yang berhubungan dengan asupan gizi yang masuk ke tubuh manusia.

2. Ilmu Bahan Pangan

Jika mengambil jurusan Ilmu Gizi, kamu tidak akan jauh-jauh dari topik bahan pangan karena gizi yang kita dapatkan berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Maka dari itu, tentu kamu harus belajar tentang ilmu bahan pangan di jurusan ini.

3. Prinsip-prinsip Ilmu Gizi

Prinsip-prinsip Ilmu Gizi merupakan salah satu mata kuliah yang penting untuk diikuti oleh mahasiswa jurusan Ilmu Gizi. Karena pada mata kuliah ini kamu akan mendapat bekal ilmu dasar untuk menyelami lebih jauh tentang ilmu gizi.

4. Metabolisme Zat Gizi

Metabolisme zat gizi merupakan mata kuliah yang akan mempelajari tentang proses metabolisme gizi yang masuk ke dalam tubuh. Di sini Kamu akan belajar bagaimana zat gizi dicerna dan proses metabolisme seperti apa yang dilalui.

5. Teknologi Pengolahan Pangan

Ilmu Gizi memang sangat berhubungan erat dengan makanan. Maka dari itu, pada jurusan ini jurusan ini Kamu juga akan belajar tentang teknologi pengolahan pangan. Teknologi pengolahan memang berpengaruh pada kandungan gizi makanan sehingga harus dipelajari dengan baik.

6. Gizi Masyarakat

Gizi masyarakat juga menjadi salah satu jenis mata kuliah yang harus dipelajari oleh mahasiswa ilmu gizi. Mata kuliah ini belajar tentang kecukupan gizi yang ada di masyarakat dan menjadi salah satu bekal ilmu yang bermanfaat setelah lulus kuliah nanti.

7. Evaluasi Gizi

Pada jurusan ini kamu akan mempelajari tentang evaluasi gizi. Di mata kuliah ini Kamu akan belajar melakukan analisis apakah gizi sudah terpenuhi dengan baik atau belum.

8. Gizi Kuliner

Gizi kuliner menjadi salah satu jenis mata kuliah jurusan ilmu gizi yang cukup menarik. Di mata kuliah ini Kamu akan mempelajari ketersediaan gizi yang terdapat pada aneka jenis kuliner di sekitar kita.

9. Manajemen Pelayanan Makanan

Kamu juga harus belajar tentang manajemen pelayanan makanan di jurusan ilmu gizi. Ini menjadi bekal ilmu bagi mereka lulusan ilmu gizi yang akan bekerja di rumah sakit bagian gizi dan makanan.

10. Pengembangan Produk Pangan

Mahasiswa ilmu gizi juga akan belajar bagaimana mengembangkan sebuah produk pangan. Kamu akan belajar proses pengembangan pangan tanpa mengurangi kandungan gizi di dalamnya.

Oke sobat Bangun Pendidikan, itulah seputar penjelasan terkait jurusan Ilmu Gizi lengkap dengan mata kuliah yang akan ditemui.